PRODUK YANG SUDAH LAMA DITARIK DI PASARAN DAN DI PRODUKSI LAGI


PRODUK YANG SUDAH LAMA DITARIK DI PASARAN DAN DI PRODUKSI LAGI

1.      Nama Produk : Oreo Wafer Sticks
2.      Nama Perusahaan : PT Kraft Indonesia
3.      Bidang / Ruang Lingkup : Makanan
4.      Alasan Ditarik Di Pasaran :
CUSTUMER :
·         Karna rasanya kurang enak dari wafer ( biskuit)  yang lain.
·         Jenis rasanya kurang banyak.
·         Karna ukuran wafer nya kecil.
PASAR :
·         Peminat pembeli nya berkurang.
·         Pasaran produk kurang puas.
·         Promosi nya kurang menarik.
5.      Bukti Otentik Kenapa Produk Di Tarik Dari Pasaran
Oreo yang ditarik dari peredaran pasar Indonesia ini diduga mengandung bahan dasar susu bermelamin yang berasal dari Cina. Susu ini digunakan sebagai bahan dasar dan campuran Oreo. Bahan dasar pada bagian krim tengahnya yang berwarna putih dan bahan campuran pada krim cokelat di bagian tengahnya. Dugaan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk produk Oreo ini diperkuat dengan tercantumnya kode produksi ‘ML’ yang berarti produk tersebut diproduksi di luar negri (di luar Indonesia).
Melamin adalah sebuah zat yang berbahaya dengan kandungan nitrogen 66 persen dan bisa didapat sebagai kristal pemutih yang hanya boleh digunakan dalam kadar yang sudah ditentukan dalam makanan apapun, penggunaan melamin yang berlebihan sangatlah berbahaya karena sebenarnya melamin adalah sebuah zat yang digunakan dalam membuat plastik, lem ataupun pupuk. Food and Drugs Administrator ( Badan Makanan dan Obat ) Amerika serikat menyatakan bahwa kandungan melamin yang dapat ditoleransi adalah 0,63 mg per kg berat dan apabila kadar ini dilanggar maka akan mengakibatkan penyumbatan kandung kemih, zat kimia ini bisa menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal, khususnya pada bayi. Ketika dicerna,metabolisme menghasilkan amonia di dalam tubuh yang menyebabkan kegagalan ginjal sehingga dapat berujung kematian.
Dengan maraknya berita dari Cina tentang akibat mengkonsumsi bahan makanan yang terkontaminasi dengan melamin dan ada banyak bayi yang meninggal dan di rawat di rumah sakit karena mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung melamin berlebihan. Untuk mengetahui kebenarannya maka BPOM Indonesia sudah melakukan tindak lajut, seperti menarik semua produk oreo kraft yang ada di pasaran untuk diteliti lebih lanjut tentang kandungan makanan tersebut serta melarang untuk menjual dan mengkonsumsi bahan makanan tersebut sampai ada penjelasan lebih lanjut. Pada tanggal 24 September 2008 BPOM Indonesia telah mengeluarkan pernyataan pers berupa “Produk susu formula bayi dan produk susu olahan yang diproduksi di Indonesia aman untuk dikonsumsi”.
Dengan keluarnya pernyataan dari BPOM tersebut maka PT Kraft Indonesia menyatakan dalam detik.com bahwa makanan ini bebas dari bahan susu bermelamin dan tidak diproduksi di Cina melainkan diproduksi di Indonesia dengan bukti kode produksi “ MD “ yang berarti produk dan produksi dalam negri. PT Kraft Indonesia juga mengklaim bahwa produk lain dari perusahaan tersebut juga bebas dari melamin.
GAMBAR PRODUK :
6.      Bagaimana Strategi Bisnis Agar Masuk Kembali Ke Pasaran :
PERUSAHAAN :
·         Kemasan harus dibuat lebih menarik lagi
·         Pilihan rasa haru di tambah.
·         Kualitas dari cokelat dan susu itu sendiri harus lebih baik.
PASAR / CUSTUMER :
·         Meningkatkan strategi marketing.
·         Mengadakan event untuk mempromosikan produk tersebut.
·         Lebih memperluas produk tersebut.

Sumber   :  http://www.detiik.com
detik.org/wiki/ OreoWaferSticks

0 komentar:

Posting Komentar